NAMA : Akromal Umam, S.Pd.I
MAPEL : Pendidikan Agama Islam
ALAMAT : Pasar Lama Labuhan Maringgai
· KI-1:Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya.
·
KI-2: Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur,
disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),
bertanggung jawab, responsif, dan pro-aktif dalam berinteraksi secara efektif
sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat
dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, kawasan regional, dan kawasan
internasional”.
·
KI 3: Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
·
KI4: Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan
ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah
secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan
metode sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
1.1
Terbiasa membaca al-Qur’an dengan
meyakini bahwa kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzan),
dan persaudaraan (ukhuwah) adalah perintah agama.
|
·
Terbiasa membaca al-Qur’an dengan meyakini bahwa
kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzan), dan
persaudaraan (ukhuwah) adalah perintah agama.
|
2.1
Menunjukkan perilaku kontrol diri
(mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzan), dan persaudaraan (ukhuwah)
sebagai implementasi perintah Q.S. al- Hujurat/49: 10 dan 12 serta Hadis
terkait.
|
·
Menunjukkan perilaku kontrol diri (mujahadah
an-nafs), prasangka baik (husnuzzan), dan persaudaraan (ukhuwah) sebagai
implementasi perintah Q.S. al- Hujurat/49: 10 dan 12 serta Hadis terkait.
|
A.
Tujuan
Pembelajaran
Setelah
mengikuti proses pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:
1. Terbiasa
membaca al-Qur’an dengan meyakini bahwa kontrol diri (mujahadah an-nafs),
prasangka baik (husnuzzan), dan persaudaraan (ukhuwah) adalah perintah agama.
2. Menunjukkan
perilaku kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzan), dan
persaudaraan (ukhuwah) sebagai implementasi perintah Q.S. al- Hujurat/49: 10
dan 12 serta Hadis terkait.
B. Materi
Pembelajaran
Menyajikan hubungan antara kualitas
keimanan dengan kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzan),
dan persaudaraan (ukhuwah) sesuai dengan pesan Q.S. al-Hujurat/ 49: 10 dan 12,
serta Hadis terkait
a.
Menyajikan
model-model jenis cara membaca indah Q.S. al-Hujurāt/49:12 dan Q.S. al-Hujurāt
/49:10 tentang kontrol diri (mujāhadah an-nafs), prasangka baik (husnużżhan),
dan persaudaraan (ukhuwwah).
b.
Menjelaskan
makna isi Q.S. al-Hujurāt/49:12 dan Q.S. al-Hujurāt /49:10 tentang kontrol diri
(mujāhadah an-nafs), prasangka baik (husnużżhan), dan persaudaraan (ukhuwwah)
dengan menggunakan IT.
c.
Mendemonstrasikan
hafalan Q.S. al-Hujurāt/49:12 dan Q.S. al-Hujurāt /49:10 tentang kontrol diri
(mujāhadah an-nafs), prasangka baik (husnużżhan), dan persaudaraan
(ukhuwwah)dengan menerapkan berbagai jenis nada bacaan secara baik dan lancar.
d.
Memberikan
tambahan bacaan ayat al-Qur’ān dan hadis-hadis yang mendukung lainnya, tentang
kontrol diri (mujāhadah an-nafs), prasangka baik (husnużżhan), dan persaudaraan
(ukhuwwah).
e.
Meneliti
secara lebih mendalam pemahaman dan pembentukan perilaku berdasarkan Q.S.
al-Hujurāt/49:12 dan Q.S. al-Hujurāt /49:10 tentang kontrol diri (mujāhadah
an-nafs), prasangka baik (husnużżhan), dan persaudaraan (ukhuwwah) dengan
menggunakan IT yang dapat dilakukan peserta didik dengan tidak terikat oleh
waktu tatap muka di dalam kelas, seperti: di perpustakaan, di luar kelas, di
rumah, dll.
Klik link dibawah ini untuk melihat materi bab pertama
https://akromalumam.blogspot.com/2020/07/materi-kelas-x.html
Klik link dibawah ini untuk melihat materi bab pertama
https://akromalumam.blogspot.com/2020/07/materi-kelas-x.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar